8/15/2010

tanya hati

Tadi pagi saya pergi ke gereja berdua aja sama kakak saya, si Mas Didit. Di perjalanan pulang, saya dan dia sempat ngobrol sedikit. Biasa deh ngobrol tentang pacar sebentar, liburan, kuliah. Ketika ngomongin kuliah, saya terngiang terus pembicaraan saya dan kakak saya ini:

Mas Didit : Ntar lulus kuliah langsung S2 dek?
Saya : (menggeleng) aku aja gak yakin pengen jadi psikolog.
Mas Didit : Lho kenapa?
Saya : Hmm, gatauuu gak yakin ajaaa. 
Mas Didit : Terusin aja kali dek. Indonesia tuh butuh orang-orang yang ahli di satu bidang. Kebanyakan orang-orang lulus S1 semuanya kerja di bank.
Saya terdiam. Campur aduk mempertanyakan dalam hati. Ya, Indonesia memang butuh orang yang ahli, tapi tidak berhenti di situ. Indonesia butuh orang yang ahli yang mau membangun negaranya. Permasalahannya adalah apakah psikologi adalah bidang di mana saya ingin menjadi ahli? Di mana saya punya passion untuk menjadi ahli? Ingin dan passionlah yang sering membuat saya ragu. Saya yakin Indonesia tidak butuh orang ahli yang tidak punya keinginan dan passion di bidang yang menjadi ahlinya. Bahkan sebaliknya, saya yakin seseorang tidak bisa menjadi ahli tanpa keinginan dan passion itu. Saya masih butuh bertanya pada hati.

7 komentar:

  1. ehehe. kenapa bingung? jalani aja. apa aja yang lo suka, lakuin. ga perlu jadi ahli. cukup jadi diri sendiri. la akan jadi ahli dgn sendirinya.

    kaya koruptor ato tukaang nyogok. mereka aja -gw salah tebak ato ngga- menjadi diri sendiri ato nggak tetep aja jadi ahli...ahli tepu. hahahah

    BalasHapus
  2. nah masalahnya daaiii, gue gatau gue suka psikologi atau gak, terlalu byk deh yg tidak gue tahu -_- btw, nice thought ttg koruptor dan tukang nyogoknyaaa, apa gue jadi ahli tepu aja? hahaha.

    BalasHapus
  3. jangan dong.. hehe. biasalah. wajar kalo masih bingung.
    santai. jalani aja. yang penting, kulaih yang bener. kalo gw sih nganggepnya, kuliah itu, buakn modal kerja. tapi modal hidup. dalam hidup kan ga kerja doang.
    klo gw sih penganut, kuliah itu cuma pembentukan pola pikir. kan lo psikolog nih, kebanyakan pola pikir lo akan sama dengan psikolog2 yang lain. cara lo ngadepin orang. beda lagi sama wartawan. hehe. gausa pusing. santai. karena itu bukan buat modal kerja aja. tapi lebih ke gimana lo memandang hidup dngan semua yang ada di dalamnya.

    kalo psikolog, pas lagi ada orang curhat, pasti langsung diam, kalo perlu ambil pensil. dicatet. hehe. seperti kaya ada tombol otomatis, tmn yg lg curhat ini, kaya klien buat lo. hehe. dan lo berusaha netral. mencari akar masalah , gitu2 lah kaya yang diajarin di kampus. meskipun belum lulus, coba lo cocokin omongan gw ini sama pengalaman lo.

    beda lagi kalo kaya gw. krn gw abstrak, gw kadang bisa fokus dengerin. kadang ngga. kadang gw netral. kadang ngga. ya,, suka2 gw. kdg gw idealis banget. kadang reaalistis. kadang juga perfeksionis. dan gw adalah orang yang mengawinkan ketiganya dalam hidup gw. hehehe

    BalasHapus
  4. Berarti masih punya (sisa) satu tahun sebelum lulus. Kalau bisa S2 dengan beasiswa, mengapa tidak? Penuhi syarat-syarat beasiswa mulai dari sekarang, tidak ada kata tidak bisa dan tidak biasa. Pesimis adalah penyakit mental, kan?

    Jangan takut jatuh sebelum melangkah
    Jangan takut gagal sebelum mencoba
    .

    BalasHapus
  5. hi ren,pas baca blog lo, ga sengaja ngeliat tulisan lo yang ini..hehehhee...

    klo gw, gw seneng banget ngelakuin apa yang gw suka,dan gw mau, walaupun orang ngeliatnya gw banyak maunya tp gw ngelakuin itu supaya gw tahu apa yang gw mau..

    Mentor gw pernah nanya ama gw, lo punya mimpi apa?kl lo dah lulus mau apa?
    dan pikiran gw stuck!gw ga tahu mau jadi apa? yang gw tahu, karena gw kuliah di hukum, pastinya jadi pengacara!( tp ternyata gw ga terlalu suka bidang itu)

    Saat itu temen, disebelah gw bilang, kl gw pengen punya majalah gosip dengen sumringahnya dan tertawa (kayak anak kecil dikasih permen!) menurut gw, mimpi lo konyol banget! lo kuliah susah2 di akuntansi malah pengen kerja dan punya majalah gosip!
    Awalnya gw pikir dy becanda, ternyata pas gw ketawa, dy bicara serius, dan bilang, knapa dengan majalah gosip?gw suka kok dengan itu, gw suka dengan gosip!jadi gw pengen punya kantor majalah gosip..
    Gw kaget, karena dy adalah seorang anak akuntasi,yg rata2 kl dah lulus maunya kerjanya di BI, tp ga untuk temen gw itu.. pas gw tanya knapa lo pengen punya majalah gosip padahal lo kuliah di akuntansi..
    dan dia bilang, nyokap gw pengen gw kuliah diakuntasi,gw suka ngitung duit, tp gw ga mau kerja di BI, BI itu mimpi orang lain, bukan mimpi gw..mimpi gw pengen punya majalah gosip sendiri!kl lo tanya gw salah jurusan, mungkin iya..tp menurut gw GAK!soalnya siapa bilang kantor majalah gosip ga perlu orang dari akuntasi, gw juga harus jaga2 kl gw ditipu ato supaya financial kantor gw juga berjalan lancar!

    Sumpah, pernyataan dia, bikin gw tersentak!dy berani bwat nentuin mimpinya apa? Saat itu, gw mutusin untuk merancang mimpi gw!merancang itu bukan hal yang mudah sampe gw bener2 tahu apa yang gw suka, gw cuma punya mimpi sederhana, keliling dunia bwat ketemua banyak orang, belajar dari mereka dan share pengalaman gw yang bisa menginspirasi anak2 muda supaya mereka bisa meraih mimpi mereka!
    Kl ditanya gw salah masuk jurusan, mungkin iya, tapi siapa bilang, gw juga butuh tahu hukum itu seperti apa, supaya gw bisa kasih tahu yang bener kayak apa? iya kan?jadi ga ada yang salah!
    dan kl lo tanya gw ahli dibidang ini, PASTINYA TIDAK!untuk sekarang, karena gw masih belajar..lo tahu susahnya gw belajar bahasa inggris tp sok2an mau keliling dunia,tp gw tahu pengalaman yang akan bikin gw ahli..bukan sekarang,tapi nanti..

    Gw ga tahu mimpi lo apa ren, cuma yang gw tahu pas kita masih duduk sebangku, lo punya banyak mimpi tentang hidup, knapa ga coba lo raih!
    kl lo masih bingung, lo tulis disebuah kertas, hal2 apa aja yang bikin lo seneng kalo orang minta lo ngelakuin sesuatu!lo tulis aja dulu, sambil lo inget2 mana yang lo suka, klo udah, jalanin aja..awalnya kita dibikin kayak orang bego,tapi kalo udah dapet, lo akan kejar ampe mati..hehehee..
    and FYI, gw butuh waktu 3 tahun gw kuliah bwat nemuin mimpi gw!dan gw harap sebelum lo lulus, lo dah nemuin mimpi lo!
    Rancang mimpi lo sendiri, bukan mimpi kakak lo, bonyok lo, ato negara ini!rancang mimpi lo sendiri..
    GOOD LUCK ya say!!

    *ga usah terlalu diperhatikan tulisan yang ngaco tengah malam ini..hehheee

    BalasHapus
  6. OH GOD, gue harus nahan nangis baca komen lo. ya sophinnggg gue ingeeett. gue inget gue punya banyak mimpi, dan mungkin gue melupakan itu karena gue mikir ilmu yg gue tahu skg cuma psikologi. I miss the old me, waktu kita masih duduk sebangku dan bermimpi banyak hal. thanks for remind me sooopp, I think now I know what I should do. Merancang mimpi gue, seperti ketika gue SMA dulu. dan nanti ketika tiba saatnya kita melaksanakan rancangan mimpi kita, gue ingin itu berhasil diraih oleh kita. Thanks thanks thanks! I love you my best friend :)

    BalasHapus
  7. okay, kl gitu jangan dibaca..
    daripada nangis, hehheeee
    i love you too!
    ini salah satu gunanya temen, untuk mengingatkan mimpi lo yang sedikit terlupakan...hehhee
    kalo lo dah tahu mimpi lo, kasih2 tahu ya, biar klo lo lupa, gw bis ngingetin..hehheee

    Good luck for create your dream!

    BalasHapus